Jumat, 11 Januari 2019

Aplikasi Web Berorientasi Objek

Aplikasi Web Berorientasi Objek



1. KELAS

Merupakan suatu blueprint/cetakan untuk menciptakan suatu instant dari object. Class adalah tipe data abstrak pemodelan dari objek yang berisi atribut (data) dan tingkah laku (method) yang dimiliki objek.
Deklarasi class:

Class nm_class{
class body
}

Aturan:
  1. Dimulai dengan tanda underscore(_)/dolar($).
  2. Tidak boleh menggunakan operator(+,-,=).
  3. Bersifat case sensitive.
  4. Tidak boleh menggunakan keyword dalam java.
  5. Nama file source harus sesuai dengan nama class.


2. FUNGSI DALAM KELAS

Langkah basic awal penulis memberikan tutorial pada pembaca
Class dapat menyimpan function
Class mewakili karakteristik menyimpan data (variabel) dan function

3. VARIABEL DALAM KELAS

Merupakan item yang digunakan data untuk menyimpan pernyataan objek variabel memiliki tipe data dan nama.
Bentuk umum:
tipe namavar=nilai;
tipe nama_var=nilai.nama_var2=nilai2;

Contoh Kode:
int index=0;
char ch=‘A’;
Mendeklarasikan variabel bernama index yang bertipe int dengan nilai awaal dan variabel ch yang bertipe char dengan nilai awal karakter ‘A’.

4. Hak Akses

   A. Public

Dapat diakses di dalam kelas itu sendiri, diakses dengan metode extend dan instant pada paket yang sama.

   B. Private

Hanya dapat diakses oleh kelas yang memilikinya saja.

   C. Protected

Dideklarasikan dengan tingkat akses protected, dapat diakses oleh kelas yang memilikinya dan kelas-kelas yang memiliki keturunan.

   D. Default

Hanya untuk kelas yang ada dalam suatu paket.

5. Turunan

Sebuah class mempunyai class turunan(parent class ase class). Sedangkan class turunan itu sendiri disebut subclass/shield class. Subclass hanya memperluas (extends) parent class.
Penerapan:
Class Siswa Public class siswa{
Siswa String nama;
Public int nis;
}


EmoticonEmoticon