Sabtu, 12 Januari 2019

PEMBUATAN PRIMITIVE DRAWING


Primitif Drawing

OpenGL memiliki beberapa obyek dasar yang disebut primitif.Gambar-gambar kompleks dibuat dari kombinasi obyek-obyek primitif ini. Primitif mudah digambar pada layar monitor karena menggunakan persamaan geometrik sederhana. Contoh primitif / grafik dasar adalah :
  1. Titik
  2. Garis
  3. Segitiga
  4. Polygon

Line (Garis)

Pengertian garis menurut Leksikon Grafika adalah benda dua dimensi tipis memanjang. Sedangkan Lillian Gareth mendefinisikan garis sebagai sekumpulan titik yang bila dideretkan maka dimensi panjangnya akan tampak menonjol dan sosoknya disebut dengan garis. Terbentuknya garis merupakan gerakan dari suatu titik yang membekaskan jejaknya sehingga terbentuk suatu goresan. Untuk menimbulkan bekas, biasa mempergunakan pensil, pena, kuas dan lain-lain. Bagi senirupa garis memiliki fungsi yang fundamental, sehingga diibaratkan jantungnya senirupa. Garis sering pula disebut dengan kontur, sebuah kata yang samar dan jarang dipergunakan.

Pentingnya garis sebagai objek/elemen senirupa, sudah terlihat sejak dahulu kala.Nenek moyang manusia jaman dulu, menggunakan garis ini sebagai media ekspresi senirupa di gua-gua.Mereka menggunakan garis ini untuk membentuk obyek-obyek ritual mereka.Sebagai contoh adalah lukisan di dinding gua Lascaux di Prancis, Leang-leang di Sulawesi, Altamira di Spanyol dan masih banyak lainnya.

Selain berupa lukisan, nenek moyang manusia juga menggunakan garis sebagai media komunikasi, seperti huruf paku peninggalan bangsa Phoenicia (abad 12 – 10 SM) yang berupa goresan-goresan.

Disamping potensi garis sebagai pembentuk kontur, garis merupakan elemen untuk mengungkapkan gerak dan bentuk.Baik bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi.

Circle (Lingkaran)

Lingkaran adalah suatu garis lengkung yang kedua ujungnya dan semua titik yang terletak pada garis lengkung tersebut mempunyai jarak yang sama jauh terhadap suatu titik tertentu.

“Dalam geometri Euklid, sebuah lingkaran adalah himpunan semua titikpada bidang dalam jarak tertentu, yang disebut jari-jari, dari suatu titik tertentu, yang disebut pusat. Lingkaran adalah contoh dari kurva tertutup sederhana, membagi bidang menjadi bagian dalam dan bagian luar.”

Lingkaran didefiniskan sebagai garis melengkung yang kedua ujungnya bertemu pada jarak yang sama dari titik pusat. Lingkaran adalah contoh kurva tertutup sederhana yang merupakan himpunan titik pada ruang dua dimensi yang berjarak sama dengan suatu titik tertentu yang disebut pusat lingkaran. Lingkaran adalah bentuk sempurna dari semua benda yang ada di alam semesta karena lingkaran tidak mempunyai ujung dan pangkal.

Arc

Dalam geometri Euklides, sebuah arc adalah segmen tertutup kurva dapat diturunkan dalam dua dimensi pesawat; sebagai contoh, busur yang melingkar adalah segmen lingkaran.Jika busur segmen menempati lingkaran besar (atau elips besar), itu dianggap segmen besar-arc. Dalam objek 2D biasanya Digunakan untuk menggambar kurva/garis lengkung/busur.

Polygon

Poligon berasal dari kata polygon yang berarti poly : banyak dan gon(gone) : titik. Yang kita maksud disini adalah poligon yang digunakan sebagai kerangka dasar pemetaan yang memiliki titik titik dimana titik tersebut mempunyai sebuah koordinat X dan Y.

“Poligon (secara literal “banyak sudut”) merupakan bentuk datar yang terdiri dari garis lurus yang bergabung untuk membentuk rantai tertutup.

Poligon digunakan untuk merepresentasikan obyek-obyek duadimensi.Satu poligon paling sedikit dibatasi oleh tiga garis di antara tiga titik yang saling bertemu membentuk bidang.Grafik tidak hanya terdiri dari gambar-gambar statis. Grafik tersebut dapat dimanipulasi secara dinamis, yaitu :

1. Motion dynamics : obyek / background bergerak

2. Update dynamics : obyek berubah bentuk, warna, dll.

Itulah sedikit informasi yang bisa saya berikan.


EmoticonEmoticon